Qoute Hijab

SANG PENYELAMAT…


Aku hanyalah selembar kain

Segiempat tidak terlalu lebar

Tidak terlalu panjang

Hargaku juga hanya sepuluh ribu saja

Aku menghiasi kepala beberapa wanita

Agar terlihat gaya pada penampilannya

Mereka menamaiku Bando dan Bandana

Kadang juga aku menghiasi leher mereka

Jika kalung tak menghiasnya

Simpulku berpita nampak indah di leher yang jenjang itu

Tak jarang juga aku menghiasi pinggang yang ramping

Sebagai ikat pinggang

Bahkan sering aku dipakai sebagai rok mini atau panjang

Di sebuah pantai yang lenggang

Ya… fungsinya hanya sebagai hiasan penampilannya saja

Mereka kurang faham

Bahwa aku…

Selain sebagai hiasan yang memperindah,

Aku juga dapat menyelamatkan seorang wanita

Dari siksaan yang pedih apabila aku dipergunakan sebagai penutup aurat

Ya… aku dapat sebagai penyelamat

Dengan memakaiku sebagai penutup aurat

Para wanita itu akan menjaga khlak dan perbuatannya

Bahkan aku juga sebagai penyelamat

Ketika seorang wanita tidak mampu menata rambutnya dengan pantas

Bahkan ketika wajahnya kuyu

Aku menyelamatkan wajah tak terurus itu

Dengan warna-warnaku yang cerah

Sehingga wajah yang kuyu itu menjadi bersinar

Bahkan juga ketika rambutnya kusut masai

Aku dapat menyelamatkan sehingga kekusutannya tertutupi

Ya… aku dapat menyelamatkan penampilan di dunia,

Di mata manusia, maupun menyelamatkan dia “di sana”

Ya… akulah selembar jilbab

Ditulis oleh: Ratih Sang

Yogyakarta, 3 Oktober 2004




Tidak ada komentar:

Posting Komentar